Selasa, 28 Desember 2010

PESERTA JAMBORE DAERAH LOMBOK UTARA SIAP BERANGKAT

Lombok Utara, Gema Pantura - Penggalang adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 11 – 15 tahun.  Pada usia  tersebut anak-anak memiliki sifat keingintahuan (curiosity) yang tinggi, semangat yang kuat, sangat aktif, dan suka berkelompok.  Oleh karena itu titik berat dari latihan Pasukan Penggalang terletak pada kegiatan Regu yang didasari oleh sistem beregu dalam seluruh pelaksanaan kegiatan Pasukan Penggalang. Demikian yang dikatakan oleh Ketua Panitia Jambore Daerah I Gusti Ngurah Oka mengawali laporannya dalam acara pelepasan peserta Jamda, minggu,26 Desember 2010 bertempat di halaman Kantor Bupati Lombok Utara.
 
Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lombok Utara H. Najmul Ahyar, SH, MH, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Utara Ahmad Abdul Gani, S.Pd, para Andalan tingkat Cabang, para Ketua Kwartir Ranting, Ketua DKC,DKR, para Pembina Pendamping, Pimpinan Kontingen, para orang tua peserta dan para undangan lainnya.

Selanjutnya I Gusti Ngurah Oka melaporkan bahwa, jumlah peserta yang ke Jambore Daerah di Karang Bayan Narmada ini bertambah menjadi 5 regu, yang sebelumnya berjumlah hanya 3 regu putra dan putri. Penambahan ini disebabkan permintaan dari panitia Jambore Daerah tingkat Propensi NTB, karena ada beberapa daerah tidak mengirim. "Peserta yang dikirim ke Jamda kali ini, termasuk juga peserta yang akan dikirim ke Jamnas tahun 2011 mendatang di Bumi Perkemahan Palembang Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Gusti Ngurah Oka menambahkan, "Dari jumlah 48 peserta yang siap diberangkatkan ke Jamda Karang Bayan ini, 33 orang diantaranya yang sudah mengikuti TC persiapan ke Jamnas Palembang tahun 2011 mendatang. Sementara sisanya 15 orang hanya sebagai tambahan untuk memenuhi permintaan panitia Jamda Nusa Tenggara Barat,”  tegasnya. “Jadi masalah persiapan, baik dari kesiapan  peserta, perlengkapan dan dana untuk ke Jamda maupun ke Jamnas 2011 sudah siap,”  tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Lombok Utara H.Najmul Ahyar, SH. MH,  dalam amanatnya pada acara pelepasan peserta Jamda kali ini berpesan agar selalu menjaga kode etik dan janji sebagai seorang pramuka dimana saja berada. ”Adik-adik harus selalu mengamalkan isi dari Tri Satya da Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari,”  harapnya.

Di akhir amanatnya, Wakil Bupati melepas secara resmi peserta Jambore Daerah dari Kabupaten Lombok Utara untuk diberangkatkan ke Karang Bayan Narmada Lombok Barat. “Semoga menjadi duta terbaik bagi gumi ‘Tioq Tata Tunaq’ Lombok Utara yang masih tergolong muda ini di kancah yang lebih tinggi,” harap Wakil Bupati.

Di tempat terpisah, Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Utara Ahmad Abdul Gani, S.Pd  berpesan kepada seluruh peserta yang tergabung dalam Kontingen Lombok utara, “agar selalu menjaga kesehatan, karena jadual kegiatan Jamda sangat padat. Untuk itu, jadual kegiatan harus dipegang masing-masing regu. Pada waktu mengikuti kegiatan, supaya barang-barang berharga seperti Jam, anting, kalung, HP dan lainya, dititip pada Pembina Pendamping, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” harapnya.(ndr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link