Sabtu, 29 Januari 2011

Kades Kayangan Tinjau Penghijauan Lahan Kering

Lombok Utara - Kepala Desa (Kades) Kayangan Kabupaten Lombok Utara, Jamaan Aspari didampingi Ketua Kelompok KKN Unram Rizal, Jumat lalu meninjau pelaksanaan penghijauan di lapangan umum Kecamatan Kayangan, dan beberapa lokasi penghijauan lahan kering.

Tujuan kunjungan tersebut, untuk melihat dari dekat pelaksanaan penghijauan, yang dilakukan oleh kelompok KKN Unram, bekerjasama dengan H.Abidin Mustakim (65) salah seorang tokoh perintis wana tani lahan kering di Kayangan.

Ketua KKN Unram, Rizal mengatakan, kegiatan penghijauan yang dilakukan ini merupakan salah satu agenda program KKN yang memang sudah diprogramkan. Dan semua program yang yang akan dilaksanakan selama KKN dipadukan dengan program desa.”Program yang kami susun, selalu mengacu pada program desa, agar tidak saling tumpang tindih,”jelasnya.

Program penghijauan yang dilakukan kelompok KKN Unram kali ini merupakan tidak lanjut dari tahap pertama, dengan menanam 200 bibit kayu. Sedangkan tahap yang kedua ini 175 bibit, terdiri dari bibit Kesambik, Sengon, Jarak Bulu, Simba, lamtorogung dan bibit buah-buahan.

Joko Samsulhadi, salah seorang anggota kelompok KKN mengaku bahwa reboisasi yang dilakukan di lapangan umum Kecamatan Kayangan adalah tidak terlepas dari program yang sudah dibuat bersama teman-temannya. ”Program reboisasi/ penghijauan yang kami lakukan ini adalah murni program KKN dan di padukan dengan progrm desa,”jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, H.Abidin Mustakim yang didampingi Kades Kayangan mengaku bahwa sejak tahun 1978 beliau sudah berkiprah menghijaukan lapangan ini. Buktinya, bahwa disebelah timur lapangan terdapat beberapa pohon rindang yang ditanam puluhan tahun silam. ”Mudah-mudahan tanaman yang baru saja kita laksanakan bisa berhasil dengan baik, dan akan menyusul degan tanaman lainnya”,harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link