Minggu, 16 Januari 2011

Satu Menanam Satu Milyar Pohon

Kayangan,Lombok Utara - Dalam rangka melakukana kegiatan penghijauan di daerah Kabupaten Lombok Utara, Pemerintah kembali mencanangkan program ’Satu Menanam Satu Milyar Pohon’.

Sebelum kegiatan ini, banyak juga kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan, diantaranya adalah one man one tri, satu orang menanam satu pohon dan kecil menanam dewasa memanen yang dilakukan oleh gerakan Pramuka. ”Kegiatan ini semua, dalam rangka kita memelihara lingkungan didaerah ini.Bayangkan saja, kalau one man one tri dan kecil menanam dewasa memanen,ini bisa kita praktekkan didaerah KLU yang masih sebagian tergolong kering dan sebagian baik ini, akan bagus. Daerah kita akan hijau.” Demikian yang di sampaikan Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH dalam sambutannya pada acara penghijauan dengan tema’Satu Menanam Satu Milyar Pohon’ yang berlangsung di Dusun Rebakong Desa Kayangan Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara ( 13/01/2011).  

Hadir dalam acara yang digelar Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Utara ini Wakil Bupati KLU H.Najmul Akhyar,SH.MH, para Kepala Dinas/Badan/ Kantor lingkup Setda KLU,para Pimpinan SKPD,para Camat, para Kepala Desa,LSM,para kelompok penerima bantuan dan para undangan lainnya.

Selanjutnya Bupati menjelaskan bahwa, ”Kalau daerah kita ini lingkungannya bagus,tentu  insya Allah daerah kita akan terhindar dari bencana banjir yang besar, tanah longsor seperti yang terjadi didaerah lain.Bahkan banjir ini dialami juga oleh sebagian besar penduduk di belahan dunia,”ujar Bupati.

Di akui Bupati bahwa, karena sebagian hutan di daerah yang terkena banjir adalah hutannya sudah hilang, sehingga akibatnya bisa terjadi banjir dan tanah longsor. ”Itulah sebabnya begitu KLU ini diresmikan, hari ke 9 sudah kita saksikan di daerah Bentek terjadi banjir besar dan tanah longsor.Ini membutuhkan perenungan kita bersama bahwa ini adalah ujian dari Allah Swt,”ujar Bupati.

Sekarang ini masyarakat KLU sedang demam menanam pohon.Banyak bibit yang diambil dari pemerintah ditanam di tanah milik sendiri.Karena orang yang rajin menanam pohon akan bisa memetik hasilnya dikemudian hari.”Kalau bukan kita yang berbuat, siapa lagi yang bisa kita andalkan,”tegas Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Utara Ir Hermanto menjelaskan bahwa luas areal yang masih kosong di daerah KLU ini 24.000 Ha.Sehingga diaharapkan kesadaran masyarakat sendiri sangat dibutuhkan untuk menyukseskan program penanaman pohon didaerah ini. ”Untuk setiap orang menanam satu pohon.Maka dalam rentang waktu 5 – 6 tahun mendatang hasilnya baru dapat dirasakan manfaatnya,” terang Kadis Pertanian.(ndr).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link