Selasa, 08 Februari 2011

Jelang Maulid Adat, Panitia Sibuk

Kayangan, Lombok Utara - Panitia Penyelenggara Maulid Adat di Wet Sesait beberapa waktu lalu mulai sibuk mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari perbaikan sarana prasarana pendukung, seperti membersihkan Kampu (rumah adat), memugar Mesjid Kuno sesait, dan mempersiapkan Lokok Kremean.
Menurut Ketua Penyelenggara Asrin, ketika ditemui usai melakukan gotong-royong di Mesjid Kuno Sesait, bahwa pelaksanaan Maulid Adat tersebut, rencananya akan berlangsung  tanggal 17 Februari 2011 mendatang. Asrin, juga menjelaskan bahwa acara Maulid Adat ini akan dilaksanakan secara besar-besaran, selain melibatkan seluruh masyarakat Wet Sesait,  juga akan dihadiri pihak pemerintah maupun swasta. ”Mudah – mudahan, acara ini bisa dilaksanakan sesuai rencana,” katanya.
.
Sementara itu, Pemusungan Sesait Murdan, menyatakan  bahwa kegiatan gotong-royong yang dilakukan di sekitar situs Sesait ini, lumrah dilakukan oleh masyarakat menjelang pelaksanaan hari-hari besar. Kegiatan semacam ini merupakan refleksi semua pihak yang peduli terhadap upaya melestarikan nilai-nilai kearifan lokal yang dipandang relevan dengan konteks kekinian.

Menurut kalender masyarakat adat wet Sesait dengan perhitungan Jango Bangar, jelas Murdan bahwa, prosesi Maulid Adat Nabi Besar Muhammad Saw, akan dilaksanakan pada tanggal 14 bulan 10 tahun Wau atau bertepatan dengan tanggal 17 Februari 2011 tahun Masehi.

Murdan juga berharap, demi suksesnya kegiatan maulid adat di wet Sesait ini, semoga semua pihak turut serta dan mendukung kegiatan dimaksud. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link