Sabtu, 26 Februari 2011

KKN UNRAM Adakan Sosialisasi Keanekaragaman Pangan di SDN 1 Santong

Kayangan, Lombok Utara - Kelompok KKN UNRAM Periode I Tahun 2011 yang berpangkalan di Desa Santong Kecamatan Kayangan, kemarin (24/02) melaksanakan program kerjanya di SDN 1 Santong. Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan nara sumber dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) provinsi Nusa Tenggara Barat.

Acara  yang berlangsung di Aula SDN 1 Santong ini dihadiri oleh, Personil dari jajaran Badan Ketahanan Pangan (BKP) NTB selaku nara sumber antara lain; Suyanto SP.MSi , Ir Eddy Sutrisno, dan Heru Hartono SP, dan menghadirkan siswa-siswi SDN 1 Santong dari kelas II – Kelas VI, para guru SDN 1 santong serta sejumlah anggota Kelompok KKN UNRAM selaku penyelenggara.

Sebelum acara dimulai, Jajaran BKP memberikan bantuan kue kepada 200 siswa peserta sosialisasi. Para mahasiswa KKN UNRAM turut membantu membagikan kue tersebut saat menjelang kesiapan acara soialisasi dimulai. “Sepertinya siswa-siswi lebih bersemangat mengikuti acara ini”, ungkap Muhammad Ramdanul Musaddikin, ketua Kelompok KKN UNRAM, tengah memantau kesiapan siswa pada acara sosialisasi berlangsung.

Dikatakan alasan dipilihnya SDN 1 Santong sebagai tempat penyelenggaraan sosialisi tersebut lanjut Ramdanul, disamping SDN 1 Santong berlokasi tidak jauh dari Balai Desa dan SD ini berada di jantung desa Santong. “Lokasi SDN 1 Santong ini kami anggap strategis sehingga dalam pelaksanaannya kami dapat berkoordinasi dengan  mudah.” Katanya.
Sementara itu, nara sumber dari Badan Ketahanan Pangan provinsi NTB dalam penyampaian materi sosialisasi  memperkenalkan kue ‘Bronis’. Contoh pangan lokal yang bahan bakunya terbuat dari singkong namun tidak mengurangi kualitas gizi. Kue ini diperkenalkan karena bahan baku pembuatannya banyak dijumpai dilingkungan siswa. Disamping itu siswa dihimbau agar berhati hati memilih makanan untuk dikonsumsi. “Jangan jajan sembarangan, konsumsilah makanan yang beragam, bergizi berimbang dan aman” himbaunya pada sosialisasi berlangsung. Diakhir penyampaiannya, penyaji melemparkan pertanyaan untuk merespon sejauhmana materi yang diberikan dapat dikuasai siswa peserta sosialisasi. “Jawaban dikemukakan tadi, semuanya benar, nah inilah yang perlu anak-anak ketahui", jelas Penyaji saat menyimpulkan materi sosialisasinya. (B.ika ehe)

1 komentar:

Link