Selasa, 17 Maret 2015

Suhu Politik Memanas Jelang Pilkades Kayangan

Kayangan,(GP),-- Hiruk pikuknya menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kayangan yang akan dilaksanakan awal Mei 2015 mendatang, situasi pepolitikan di desa tersebut semakin memanas. Pasalnya, ada empat calon yang kabarnya akan bermunculan untuk bersaing menuju Kayangan Satu.
Salah seorang anggota BPD dan juga Ketua Karang Taruna Desa Kayangan Najamudin, mengatakan, diantara empat kandidat calon kepala desa, selain incombent Jamaan Aspari, tampil pula nama yang sebelumnya sempat diprediksi tidak akan tampil dalam bursa cakades kayangan kali ini. Nama tersebut adalah Mirahim,SP mantan Camat Pemenang dan Kayangan yang akan mewakili masyarakat Desa Kayangan dari wilayah barat (Rebakong,Ld.Batu,Sidutan dan Beraringan). Sementara yang akan mewakili masyarakat dari wilayah Selatan Desa Kayangan (Bagek Kembar, Empak Mayong,Sejongga,Tanak Muat dan Ld.Kendal) diprediksi akan tampil Edy Kartono,SE yang saat ini Ketua UPK PNPM Kecamatan Kayangan. Dan untuk wilayah tengah yakni Lokok Rangan, Lengkukun,Kr Tal,Kr Lande dan sekitarnya, akan tampil Marham Suadi mendampingi incumbent Jamaan Aspari.
Disebutkan, berdasarkan hasil surveinya dilapangan menunjukkan bahwa persaingan empat cakades pada Pilkades Kayangan kali ini akan berlangsung seru. Lebih-lebih, katanya, pada Pilkades Kayangan ini akan tampil mantan Camat Kayangan Mirahim. “Ini bakal seru, soalnya, mantan Camat Kayangan pk Mirahim sudah menghubungi saya menyatakan kesiapannya untuk mencalonkan diri, termasuk calon dari wilayah selatan Edy Kartono, juga sudah menyatakan kesiapannya, ”tandas Najamudin.

Namun diakui Najamudin, untuk calon incumbent bakalan terjegal oleh panitia pilkades. Pasalnya, dalam LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) yang disampaikannya dihadapan BPD Desa Kayangan beberapa waktu lalu, tidak menyampaikan laporan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa) akhir masa jabatannya. Sedangkan yang dilaporkannya hanya LKPJ-nya saja. Hal inilah yang kemungkinan besar yang mengganjal incombent untuk bisa lolos sebagai calon Kepala Desa Kayangan periode berikutnya. “Jika hal terjadi, maka bisa dipastikan suhu politik menjelang Pilkades diwilayah ibukota Kecamatan Kayangan ini bakal memanas, ”terang Najam.
Terpisah, mantan Panitia Pilkades Desa Sesait Misyadin menyarankan, jika Panitia Pilkades Kayangan ingin mengganjal incumbent agar tidak bisa lolos sebagai calon, maka Panitia harus membuat aturan yang jelas yang dituangkan dalam tatib pilkades. Ketika hal tersebut sudah jelas aturannya, tentu Panitia Pilkades ada kekuatan hukumnya untuk menjegal incombent.
Terkait dengan tampilnya mantan Camat Kayangan Mirahim,SP dalam bursa Calon Kepala Desa Kayangan pada periode mendatang, Misyadin mengaku mungkin hal itu kurang pas. Ia menyarankan, berikan kesempatan putra-putra terbaik Desa Kayangan lainnya yang akan tampil pada pilkades Kayangan ini. “Mungkin kurang pas, jika mantan Camat Kayangan ikut mencalonkan diri sebagai calon Kepala Desa Kayangan pada periode mendatang. Ini kan levelnya dibawah Camat, seharusnya beliau tampil di level lebih tinggi,”kata Misyadin.(eko)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link