Senin, 06 Mei 2024

Kegiatan USP 2024 Terapkan Pengawas Silang di Gugus 01 Kayangan

Gema Pantura Kayangan - Selama 5 hari mulai tanggal 6 Mei sampai 13 Mei 2024, siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri se-Gugus 01 Kayangan, mengikuti Ujian Satuan Pendidikan atau Sumatif Akhir Satuan Pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, PJOK, SBdP dan Muatan Lokal (Mulok). Hasil ujian sekolah bukan menjadi salah satu bahan dasar pertimbangan kelulusan siswa.

Hasil nilai semester pada setiap Mapel turut menentukan dan menjadi pertimbangan pada kelulusan siswa tahun ini, yakni nilai mata pelajaran pada nilai semester kelas IV, Kelas V dan Kelas VI. Selain itu Nilai Ujian Praktik juga menjadi nilai tambah dari rangkaian penilaian yang keduanya dipadukan dengan bobot tertentu.

Kepengawasan pada pelaksanaan USP kali ini, menerapkan sistem pengawas silang. Hal ini dimaksudkan ntuk menghindari pelaksanaan ujian sekolah terhindar dari kecurangan seperti kebocoran soal. Pengawas silang hanya sebatas mengawasi pelaksanaan ujian sekolah berlangsung. “Dalam pelaksanaannya, guru kelas ini akan disilang dengan guru lain yang ada di wilayah gugus. Jumlahnya, menyesuaikan dengan ruang ujian yang ada” papar Hamzan Wahyudi, S.Pd selaiku Sekretaris Gugus yang juga Kepala SDN 1 Dangiang.




Ujian Sekolah yang merupakan ujian akhir tingkat SD diserahkan sepenuhnya untuk mengelola Penilaian sesuai aturan yang ada. Pengadaan Soal USP juga melibatkan Kepengurusan Gugus dalam menyusun dan membuat kisi-kisi soal agar benar-benar mengedepankan mutu sesuai SKL yang ada. Naskah soal ujian dibuat oleh masing-masing guru kelas 6 yang ditunjuk sesuai kesepakatan Gugus 01 Kayangan. (ehe*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link