Jumat, 17 Desember 2010

PNPM-MP DI DESA KAYANGAN

Kayangan,Lombok Utara - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri di Desa Kayangan sebenarnya sudah di mulai sejak 2 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2008, sebelumnya pada tahun 2007 dinamakan PPK Mandiri. Inilah yang menjadi cikal bakal PNPM-MP. Kegiatan PNPM-MP di Desa Kayangan selama ini di titikberatkan pada penguatan ekonomi masyarakat miskin dan pembangunan prasarana fisik.

Pada tahun 2010, Desa Kayangan memperoleh dana dari PNPM-MP sebesar Rp 185.753.700,- diarahkan untuk pembangunan fisik berupa pembuatan talut yang tersebar di 6 dusun dengan panjang 1,209,5 meter. Dana tersebut sudah termasuk DO UPK dan DO TPK, Ungkap Abdurrahim Jumaidi Ketua TPK Desa Kayangan yang kurang lebih 3 tahun menjadi Ketua TPK di Desa Kayangan.

Menurut Ketua TPK, selain pembangunan fisik tersebut, kami juga telah mencairkan dana bagi kelompok ibu-ibu yang dinamakan SPP ( Simpan Pinjam Kelompok Perempuan ). Pada tahun ini dana yang kami salurkan berjumlah Rp.97.000.000,- terdiri dari 9 kelompok dengan jumlah anggota 97 orang. Jadi masing-masing anggota memperoleh pinjaman Rp.1.000.000,- dengan masa angsuran 10 bulan.

Diharapkan kepada semua anggota kelompok SPP agar memenuhi kewajibannya sesuai dengan penentuan tanggal pencairan dana, karena dengan pengembalian tepat waktu akan menjadi barometer untuk memperoleh pinjaman SPP dan bantuan dana fisik pada tahun yang akan datang, demikian harap ketua TPK Desa Kayangan.(Erc).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link