Selasa, 14 Desember 2010

Ratusan Jerigen Diikat Tali Menanti Mitan Bersubsidi

Lombok Utara - Ratusan Jerigen yang diikat dengan tali tampak menjadi pemandangan di depan aula kantor camat Bayan Kabupaten Lombok Utara. Sementara warga sudah mulai mengantri sejak pukul 08.00 wita menunggu mobil yang membawa minyak tanah (Mitan) bersubsidi.

“Dinas Perisdustrian dan Perdagangan (Deprindag) Lombok Utara menyediakan 5000 liter mitan bersubsidi untuk masyarakat miskin yang dibagi kepada 1000 warga yang ada di tiga desa yaitu desa Anyar, Karang Bajo dan desa Senaru. Dan desa-desa lainnya akan menyusul”, tutur Rusmiatun, Sekcam Bayan, ketika ditemui diruang kerjanya 11/12.

Tujuan oprasi pasar murah mitan ini, khusus untuk membantu warga miskin dengan sistim pembagian kupon yang masing-masing mereka memperoleh 5 liter dengan harga Rp. 3000/liter. “Pemberian kupon itu dimaksudkan agar masyarakat tidak berebutan”, kata Kasi PMD Kecamatan Bayan, Darmanom, S.Sos.

Ketika ditanya soal adanya koversi mita ke gas, Rsumiatun mengakui, bahwa kompor gas sekarang ini masih sulit diterima oleh masyarakat, karena mereka sering melihat di Televisi tentang banyaknya kompor gas yang meledak hingga menyebabkan korban jiwa. “Ini memang pernah disosialisasikan, hanya saja masyarakat tidak bisa menerimanya”,jelas Rusmiatun.

Beberapa warga terutama yang berasal dari luar desa Anyar mengeluh, karena oprasi mitan bersubsidi ini hanya bisa diperoleh di depan kantor camat. Sementara warga yang berasal dari luar seperti dari Desa Senaru dan Karang Bajo, harus mengeluarkan biaya tambahan yaitu biaya transfortasi.

“Kalau tujuannya membantu masyarakat, mobil yang mengangkut mitan harus langsung ke desa tujuan, bukan parkir di depan aula kantor camat. “Untuk kesini saja kami harus mengeluarkan biaya transfortasi sampai Rp. 20.000/orang, belum lagi ditambah dengan harga mitan yang lima liter Rp. 15.000. Jadi kedepan ini perlu dipikirkan oleh pemerintah. Jangan dengan alasan membantu, tapi warga harus mengeluarkan biaya tambahan”, harap puluhan warga yang berasal dari luar Desa Anyar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link