Selasa, 11 Januari 2011

Gerakan Peduli Lingkungan Terus Digalakkan

Kayangan, Lombok Utara - Sebagai tindak lanjut dari program penghijauan tahun 2010 yang lalu, kini H.Abidin Mustakim kembali berkiprah. Diawal tahun 2011 ini, dengan tetap mengedepankan kesederhanaanya, beliau terus bekerja keras menghijaukan lahan-lahan yang masih kosong dengan menanam pohon pelindung. Pada tahun ini, H.Abidin Mustakim telah menyiapkan bibit sebanyak 15.000 kantong, dengan 93 jenis bibit. ”Diantara 93 jenis bibit ini, yang paling banyak adalah bibit Mahoni dan Sengon,” jelas H.Abidin Mustakim, ketika ditemui baru-baru ini, disela-sela kesibukannya menanam  pohon pelindung di lapangan SMA Negeri 1 Kayangan. 

H.Abidin Mustakim juga menambahkan bahwa, jumlah yang ditanam di  lapangan SMA Negeri 1 Kayangan  ini sejumlah 268 pohon dari jenis mahoni,sengon,sonokling dan tanaman buah-buahan. ”Penanaman di lapangan SMA ini merupakan tindak lanjut program tahun 2010 yang lalu,” terangnya.

Acara penghijauan yang melibatkan siswa – siswi SMA Negeri 1 Kayangan ini, ditinjau langsung Kepala Kantor Lingkungan Hidup KLU Drs H.Arkam didampingi Sekcam Kayangan R.Kertamono. Usai meninjau dilokasi ini, dilanjutkan ke lapangan umum Kecamatan Kayangan.  

Pada kesempatan tersebut, H.Abidin Mustakim menyatakan bahwa jumlah tanaman yang sudah selesai ditanam dilapangan tersebut sejumlah 787 pohon. Dikatakan juga bahwa, program yang sudah menjadi prioritas untuk dilaksanakan pada tahun 2011 ini, H.Abidin Mustakim mengaku, akan terus menggalakkannya hingga tuntas. ”Saya akan terus bekerja ekstra menghijaukan lahan yang masih kosong di daerah ini,”tegasnya dengan semangat.

Disamping meninjau beberapa lokasi penghijauan, yang menjadi prioritas program H.Abidin ’dari Hulu ke Hilir dan dari Hilir ke Hulu’ tersebut, Kepala Kantor Lingkungan Hidup KLU, juga meninjau tempat persemaian bibit di kebun milik H.Abidin Mustakim, sekitar 1,5 km ke arah selatan Kantor Camat kayangan.
Menurut H.Abidin Mustakim, bibit yang sudah disemaikan dengan 93 jenis bibit ini, akan di distribusikan ke kebun milik Suroyo 100 bibit, Rasmah 150 bibit,SMAN Kayangan 268 bibit,SMP 1 Kayangan 170 bibit, SDN 4 Kayangan 230 bibit,Sesait 400 bibit dan di lapangan umum Kecamatan Kayangan 462 bibit. ”Mudah-mudahan di akhir bulan Januari ini semuanya rampung,” harap H.Abidin Mustakim.

Pada kesempatan tesebut,Kepala Kantor LH KLU juga mengingatkan bahwa, ”penghijauan yang sedang giatnya dilaksanakan saat ini adalah sangat perlu terus digalakkan dengan menanam berbagai jenis tanaman di areal yang masih kosong, kecuali dipinggir jalan yang masih sempit, sebab untuk mengantisipasi adanya pelebaran jalan,”jelas Drs H.Arkam.(ndr).






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link