Rabu, 23 Februari 2011

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jumat Bersih Lengkukun Berlangsung Sederhana.

Kayangan, Lombok Utara - Warga Lengkukun Desa Kayangan Kecamatan Kayangan, tadi siang menggelar Pringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Jumat Bersih kebanggaan masyarakat Lengkukun ini berlangsung sangat sederhana.

Hadir dalam acara tersebut para tokoh agama, tokoh masyarakat dari empat dusun yang ada di desa Kayangan.

Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. kali ini lebih mempertimbangkan keadaan ekonomi warga, mengingat mata pencaharian penduduk dusun Lengkukun sebagian besar hidup dari hasil pertanian. “Warga kami menghadapi musim tanam, sehingga mempengaruhi semarak peringatan Maulid tahun ini,” jelas Nasudin Kadus dusun setempat. Namun demikian lanjut Nasudin yang terpenting warga kami dapat memetik hikmah dari perayaan Maulid kali ini.

Sementara itu Mahrim S.Pdi seorang tokoh agama yang juga panitia penyelenggara dusun Lengkukun mengatakankan bahwa acara peringatan Kelahiran Nabi Muhammad Saw, mengemas acara mengikuti tradisi yang dilakukan oleh para orang tua terdahulu. “Kegiatan puncak dari rangkaian acara adalah pembacaan 'Barzanji' dirangkai Ngurisang. Kebetulan ada dua orang warga kami yang berhajat Ngurisang (Potong Rambut bayi) diiringi pembacaan Serakal atau Selakaran yang berisi fuji-fuji kebesaran Rasullullah Saw” urainya. Peringatan Maulid Nabi tambah Mahrim bisa juga dirangkai dengan kitanan. ”Peringatan kali ini tidak ada jamaah yang mendaftarkan putranya untuk dikhitan”, ungkapnya menambahkan. ( B.ika ehe )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link