Sabtu, 10 September 2011

Warga Kayangan Sediakan Lahan Penghijauan 1.4 Ha

Kayangan, -- Tidak banyak warga masyarakat yang peduli dengan penghijauan. Namun Murdin, warga Karang Tal, Desa Kayangan, yang guru SD ini, malah sengaja menyediakan lahan miliknya untuk lokasi penghijauan. Luasnya  sekira 1,4 hektar dan berada di Dusun Air Bari, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan KLU.
Untuk merealisasikan niatnya ini, Murdin bekerja sama dengan H.Abidin Mustakim asal Bima yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia maya ini. Bersama wartawan media ini, Murdin dan H.Abidin Mustakim,  meninjau lokasi lahan yang akan dihijaukan itu, Selasa sore, (06/09).
Abidin mengatakan ia telah menyediakan ratusan bibit tanaman dari berbagai jenis untuk penghijauan ini. Antara lain jati putih (gamalina), lamtoro gung, gol, sengon, imba, elak-elak, waru, bidara,  kapuk, jarak, bunut, kesambik, akasia dan lain-lain.“Semua jenis bibit ini akan ditanam di lahan milik Murdin,” katanya bersemangat.
Ia juga mengatakan sebelum penanaman, terlebih dahulu harus menggali lubang untuk menanam bibit pohon, minimal dua bulan sebelum bibit ditanam. Maksudnya, agar tanah dilubang itu dapat beradaptasi dengan sinar matahari. Sebab sinar matahari itu banyak mengandung unsur hara dan vitamin yang dibutuhkan tanaman.
“Untuk lahan yang disediakan Murdin, sangat cocok dengan tanaman jati putih, ” jelas Abidin. Disamping daerah itu berbatu, dalam waktu bersamaan sedang dibangun sumur bor. “Jadi momen ini sangat tepat,” tambahnya. Ia menyebut program penghijauan ini dengan Kehati, artinya keanekaragaman hayati dimana semua makhluk hidup bisa hidup berdampingan di tempat itu.
Murdin sendiri mengungkapkan penghijauan ini berhasil, ia punya rencana menjadikan lokasi penghijauan ini sebagai tempat observasi dan penelitian serta tempat rekreasi untuk generasi masa datang. “Semoga saja niat ini akan menjadi nyata,” harapnya. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link