Rabu, 09 Februari 2011

Warga Buka Jalan Baru Hubungkan Dusun Tanaq Muat-Beraringan

Kayangan, Lombok Utara - Dibawah kepemimpinan Ardi, Dusun Tanaq Muat Desa Kayangan, ini terus berbenah. Baru - baru ini telah membuka jalan baru sekitar 400 meter,  yang menghubungkan Dusun Tanaq Muat – Sejongga. Dengan dibukanya jalan baru ini, maka diharapkan dapat memperlancar akses perekonomian warga.

Hadir dalam pembukaan jalan baru ini antara lain kliang, (Kadus)  para RT, masyarakat kedua dusun, besar-kecil tua muda.

Hal ini dikatakan Ardi disela-sela kesibukannya dalam pembukaan jalan dimaksud. ”Kami bersyukur, masyarakat kami di Dusun Tanaq Muat telah sadar, bahkan reda dunia akhirat, masyarakat Tanaq Muat merelakan tanahnya dijadikan jalan sebagai jalur transportasi  di tingkat pedesaan,” ungkapnya, penuh semangat.

Selanjutnya, diakui oleh Kepala Desa Kayangan ( Jamaan Aspari ) bahwa, memang sudah lama ada rencana membuka jalan ini, bahkan masyarakat kesulitan untuk membawa hasil bumi mereka, akan tetapi waktu itu masyarakat belum menyadarinya, terutama bagi pemilik tanah yang tanahnya akan dijadikan jalan baru. Hampir di semua dusun yang ada di Kayangan, terutama masyarakat kami di dusun pinggiran yang masih sulit dijangkau menggunakan roda empat, sekarang  telah membuka jalan baru atas kesadaran, mereka sudah sadar akan pentingnya keberadaan jalan".

Menurut AmaQ Iwat (62), salah seorang tokoh masyarakat Dusun Tanaq Muat yang sehari-harinya berpenampilan sederhana dan humoris ini  mengatakan bahwa, ”Memang sejak dulu, rencana pembukaan jalan baru Tanaq Muat-Sejongga ini digulirkan namun baru saat ini bisa terealisasi, Sebelum jalan ini dibuka saya dan penduduk lainnya membawa sapi ke tempat pengembalaan harus menempuh jalan yang cukup berliku-liku. Bahkan kalau terjadi hujan besar, jalan yang saya lalui melewati kali dan terpaksa menunggu banjir surut baru bisa melewati kali tersebut. Saya bersukur sekali jalan ini telah dibuka." ungkapnya dengan girang.

Sementara itu, Ocong ( 34) salah seorang tokoh pemuda dusun setempat membenarkan bahwa,  rencana itu memang sudah menjadi keinginan seluruh masyarakatterutama pemilik tanah yang akan dilalui jalan baru ini,mereka ikhlas memberikan lahannya untuk membuka jalan ini selebar satu meter sehingga lebar jalan ini sekitar 3 meter". tegas Ocong.

"Dengan dibukanya jalan ini sungguh memberikan kemudahan yang sangat besar, bagi kami pengguna jalan, masyarakat Tanaq Muat-Sejongga sehingga lebih meningkatkan akses perekonomian penduduk sekitarnya" harap Ocong optimis. ( Marwan )

1 komentar:

Link